S-I-F-O-N

Pulang dari ujian AK(ampret)AK, saya singgah makan ditemani si ragil tulus. Ngobrol nggak jelas bahas jambak-jambakan antara iko dan saya semalem yang tiba-tiba melibatkan dia, ganesha (APA?! Ganesha!!!), dan Sando.
Selesai makan saya langsung pulang, mampir sebentar di depan tipi. Ada dian lagi belajar BUDNUS. Trus tiba-tiba jadi inget notes si ni'un di FB. Judulnya 'S-I-F-O-N'
Saya udah tiga kali baca, tapi tetep aja ngakak. Apalagi kalo bayangin ini bocah yang cerita. XD

Ini ni notesnya...
Selamat membaca...


S-I-F-O-N

Kalau teringat kata ini, rasa-rasanya masih ingin ketawa bahkan ngakak guling-guling di kasur..

Ceritanya adalah sebagai berikut..

Hari aku dan temen2 seangkatan UAS mata kuliah Budaya Nusantara (budnus). Hoohoo..temen-temen sih ngomongnya ini mata kuliah hiburan..Aku juga setuju kok dengan pernyataan itu. Dgn belajar budaya nusantara, kita bisa mengenali budaya Indonesia dan selanjutnya dapat mencintai serta melestarikannya..:)

Karena ujiannya jam 2 siang, aku baru mulai belajar waktu pagi.Oiya, untuk UAS kali ini materinya budaya Jawa, Sunda, Madura, Bali, Dayak, Banjar, Minahasa, Maluku, Makasar, Bugis, Toraja, Mandar, Timor, Flores,dan Irian (hampir se-Indonesia Raya lah pokoknya). Oiya, ada materi ttg sejarah Garuda Pancasila.Tapi jangan dibayangkan kalau aku belajarnya dengan membaca buku yang tebal. Tidak..itu salah besar. Aku hanya belajar dari fotocopyan catetan temen yang diajar oleh dosko (yang ternyata catatannya temen sekelas waktu tingkat satu). Belajar budaya nusantara itu seru, serasa membaca buku cerita bahkan dongeng (dongeng Sri Sadhana, Watugunung, La Ligo dan masih banyak lagi)

Tapi susahnya, belajar budnus itu banyak istilah yang aneh-aneh, maklumlah bahasa daerah dari berbagai macam suku. Nah,,waktu baca budaya Flores ternyata ada istilah budaya SIFON. Aku belum pernah mendengar istilah ini. Rencananya sih mau cari di google. Tapi lagi males ngetik di laptop. Yaudahlah carinya nanti aja, setelah mandi.

Tapi, malang tak bisa ditolak, untung tak bisa diraih, ternyata setelah selesai mandi, listrik mati. Dan bencana ini terjadi lebih dari satu jam. "-_____-

Hari semakin siang, kepala sudah terasa penuh, perut kenyang, listrik mati pula dan aku pun mengantuk. Mau baca materi lagi malah tambah ngantuk (isinya dongeng-dongeng). Akhirnya jam 12 siang aku pun tidur siang. Baru berapa menit memejamkan mata, HP bergetar,,
Hmmm....siapa sih ini sms, orang baru mau tidur juga??
Ternyata sms dari Iko.."Un, lu tau gak Sifon apaan? Bingung gw, udah cari ke mana-mana gak nemu..." (intinya kayak gitulah)
Aku berpikir, "ini orang ngapain sih, jam segini cari sifon? kurang kerjaan deh..udah ah nanti aja bales smsnya..."
Dan aku pun melanjutkan tidur siang.Jam 12.50, aku pun bangun. Sebelum sholat, balas sms dari Iko dulu."Sgb..kyak bolu biasa deh, tapi dia teksturnya ga gitu padat,,"
Dan aku pun sholat..
Setelah sholat, ternyata si Iko sms lagi.."bahaha,,maksud gw bukan sifon yang itu..tapi sifon budaya dari Flores"..
Hwaahhahaha...oh, ternyata...Kok aku mikirnya kue ya? pakai cara analisis tekstur segala pula,,,
"-______-
Parah,,,kok mau ujian budnus, isi kepalaku malahan makanan sih??ckckckck


Pulang ujian, aku ketemu si nenek Ijong dan Tante Iko sedang nongkrong di depan kantor Sekre. Katanya sih menunggu surat keterangan mahasiswa. Yaudahlah, aku ikutan mereka aja..Nah, dibahas lagilah masalah SIFON..
Ternyata si tante juga mengirim sms pertanyaan ttg sifon kepada nenek..
Dan ternyata...tereeeeeeng..si nenek menjawab kalu sifon adalah KAIN..
wahahahaha.....

Duuuuhhh,,,SIFON,,,sebuah istilah dengan beragam wujud dan makna...NB: untuk keterangan tentang SIFON yang ditanyain oleh tante (versi NTT) klik saja link berikut ini..
http://flobamora.org/index2.php?option=com_content&do_pdf=1&id=13"
Category: 0 comments

0 comments:

Post a Comment