Cup Muah!


Tangan saya gatel  ingin menulis tentang M-net music award. Korean artist and singer, group and solo. Not about the overall event, more about their attitude in greeting someone.

I tell you what, mereka sangat amat njawani. ‘Mereka’ refers to all Korean artist and singer who accept the awards or deliver to the winners indeed. Mengapa saya beranggapan demikian? They do bow or shake hand, not cipika-cipiki. Sweet!

Orang Indonesia yang dalam catatan sama-sama terhitung sebagai Negara Timur sudah mulai luntur unggah-ungguhnya. Lihat saja, dalam suatu ajang penghargaan yang dihelat hampir semua artis yang mendapatkan penghargaan, atau sebutlah yang lebih sering, menjadi tamu dari sebuah talkshow tidak jarang melakukan ritual cipika-cipiki tersebut. Bukannya jabat tangan malah langsung main sosor menyodorkan pipi. Bahkan manusia biasa pun di Indonesia…

Sementara di Korea? Artis saja hanya sebatas menunduk dan berjabat tangan. Sopan dan enak dilihat. Ya mungkin hanya untuk kepentingan recording sih. Entah aslinya budaya di sana seperti apa. Karena setau saya pun di reality show Korea tidak ada pelestarian cipika-cipiki. Tapi ya, di Mnet music award ini ada kiss performance jugak sih tiap tahunnya.

Wait! Jangan buru-buru menganggap saya berpandangan sempit ya.
Maksud saya menulis ini, bukankah dulu masih sangat dikenal yang namanya unggah-ungguh, sungkan, dan tabu. Boleh saja meniru budaya barat yang memang makin hari makin mendunia. Tidak kah ada yang perlu disaring tentang apa yang kita tiru?
Cup Muah! Silakan direnungkan.
Category: 0 comments

0 comments:

Post a Comment